Mengenai Saya

Foto saya
Klaten, Jawa Tengah, Indonesia
phone 0272 329267 SMS 08995385000

Jumat, 08 April 2011

VISI dan MISI RRI sebagai LPP



Visi dan Misi yang tertuang dalam RRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik, harus memuat apa yang menjadi mandat negara (bangsa) dalam Undang Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Visi RRI sebagai Radio Publik seiring dengan amanah demokratisasi di Indonesia, harus mampu berpihak pada kepentingan publik terhadap konteks struktur sosial saat ini. RRI harus menjembatani publik atas ketiga elemen konstruksi sosial saat ini, yaitu Kekuasaan Negara ( State/Politik ), Kekuatan Pasar ( Marketcapitalism ) dan Lingkup Kekuatan kolektif Sosial ( Communalism ).         
Perkembangan kuantitas dan kualitas media massa, khususnya media elektronik ( radio) yang bersifat konstruktif pada era demokratisasi ini tetap diwaspadai dengan kemungkinan dampak buruk yang menyertainya. Pers sebagai alat komunikasi massa mempunyai kekuatan pengaruh baik atau membangun dan pengaruh buruk yang cenderung menggerus tatanan sosial moral masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran tanggung jawab sosial pers untuk mengantisipasi dampak negatif yang diakibatkan oleh perkembangan pesat pers di Indonesia
Perkembangan Teknologi Informasi sampai dengan saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi dan Komunikasi sehingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan Teknologi Informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif).



Visi
Argumentasi hubungan teknologi dengan media informasi adalah logika perkembangan yang ekspansif proses komunikasi publik secara global. Masyarakat tidak bisa lagi mengelakkan diri dari proses komunikasi. Komunikasi sudah menjadi kebutuhan utama. Komunikasi membutuhkan media untuk menjadi penghantar (menyangkut teknologi informasi yang mempermudah manusia mengirim dan menerima pesan). Ketika ruang dan waktu menjadi faktor yang membatasi proses komunikasi maka diperlukan teknologi yang mengusahakan masalah tersebut. Teknologi komunikasi dibuat dan dikembangkan untuk menyokong proses komunikasi manusia. Perkembangan komunikasi sangat luar biasa. Perkembangan dramatik teknologi komunikasi tidak terletak pada soal sistem perangkat kerasnya saja tapi sudah menyangkut soal bagaimana membuat interkoneksitas jaringan komunikasi. Teknologi komunikasi bukan sekedar soal barang tapi juga soal teknologi jaringan itu sendiri.
Kalau kita mau membicarakan struktur industrialisasi media maka kita tidak memisahkan diri dari isi media dibuat dan diciptakan. Teknologi komunikasi merupakan perangkat yang membutuhkan biaya yang tinggi, dengan demikian hanya pemilik modal besar saja yang mampu menguasai teknologi. Maka tidak mengherankan apabila industrialisasi dan teknologisasi media komunika membawa industri media pada usaha konglomerasi.
Misi
Misi dan filosofi RRI sebagai Radio Publik, harus memiliki nilai-nilai yang mendukung, yaitu preferensi yang memberi akses luas bagi publik, lewat segmentasi siaran dan keberagamannya dalam beberapa programa sesuai wilayah dan populasi publik yang harus dijangkau, dengan Pendekatan Programatis : Broadcasting dan Narrowcasting. Selain itu sejauh tingkat sofistikasi teknologi dan kebutuhan manusia juga membutuhkan tingkat keahlian (Pacey, 35-57). Tuntutan teknologi yang begitu canggih adalah kemampuan manusia yang tidak hanya memakainya tapi sekaligus membuat atau mereproduksi teknologi itu sendiri. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi tersebut telah membawa implikasi terhadap dunia penyiaran di Indonesia. Lembaga Penyiaran Publik sebagai penyalur informasi dan pembentuk pendapat umum bagi seluruh lapisan masyarakat, perannya semakin strategis terutama dalam mengembangkan alam demokrasi bagi masyarakat informasi yang semakin besar tuntutannya akan hak untuk mengetahui dan hak untuk mendapatkan informasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar